Sabtu, 28 November 2015

Ringkasan Buku Pengantar Pendidikan Bab 1-5




BAB 1
HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA
A.   Sifat Hakikat Manusia
1.     Penegertian Sifat Hakikat Manusia
2.     Wujud Hakikat Sifat Manusia
a.     Kemampuan Menyadari Diri
b.     Kemampuan Bereksistensi
c.      Pemilikan Kata Hati
d.     Moral
e.      Kemampuan Bertanggung jawab
f.       Rasa Kebebasan (Kemerdekaan)
g.     Kesediaan Melaksanakan Kewajiban dan Menyadari Hak
h.     Kemampuan Menghayati Kebehagiaan
B.   Dimensi-Dimensi Hakikat Manusia serta Potensi, Keunikan, dan Dinamikanya
1.     Dimensi Keindividuan
2.     Dimensi Kesosialan
3.     Dimensi Kesusilaan
4.     Dimensi Keberagaman
C.   Penegembangan Dimensi Hakikat Manusia
1.     Pengembangan yang Utuh
(pengembangan yang utuh dapat dipandang dari 2 segi)
a.     Dari Wujud Dimensinya
b.     Dari Arah Pengembangan
2.     Pengembangan yang Tidak Utuh
D.   Sosok Manusia Indonesia Seutuhnya


  
BAB II
PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN

A.   Pengertian Pendidikan
1.     Batasan Tentang Pendidikan
a.      Pendidikan sebagai Proses Transformasi Budaya
“Sebagai proses transformasi budaya, pendidikan diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain.”
b.     Pendidikan sebagai Proses Pembentukan Pribadi
“Sebagai proses pembentukan pribadi, pendidikam diartikan sebagai suatu kegiatan yang sistematis dan sistemik terarah kepada terbentuknya kepribadian peserta didik.”
c.     Pendidikan sebagai Proses Penyiapan Warga Negara
“Pendidikan sebagai penyiapan warga negara diartikan sebagai suatu kegiatan yang terencana untuk membekali peserta didik agar menjadi warga negara yang baik.”
d.     Pendidikan sebagai Penyiapan Tenaga Kerja
“Pendidikan sebagai penyiapan tenaga kerja diartikan sebagai kegiatan membimbing pesrta didik sehingga memiliki bekal dasar untuk bekerja.”

2.     Tujuan dan Proses Pendidikan
a.      Tujuan Pendidikan
·        Tujuan Umum
·        Tujuan Institusional
·        Tujuan Kurikuler
·        Tujuan Instruksional
b.     Proses Pendidikan
Proses pendidika merupakan kegiatan memobilisasi segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan

3.     Konsep Pendidikan Sepanjang Hayat (PSH)
4.     Kemandirian dalam Belajar


B.    Unsur-Unsur Pendidikan
1.     Subjek yang dibimbing (pesrta didik)
2.     Orang yang membimbing (pendidik)
3.     Interaksi antara pesrta didik dengan pendidik (interaksi edukarif)
4.     Kearah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
5.     Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
C.   Pendidikan sebagai Sistem
1.     Pengertian Sistem
2.     Komponen dan Saling Hubungan antara Komponen dalam Sistem Pendidikan
3.     Hubungan Sistem Pendidikan dengan Sistem lain dan Perubahan Kedudukan dari Sistem
4.     Pemecahan Masalah Pendidikan Secara Sistematik
5.     Keterkaitan Antara Pengajaran dan Pendidikan
6.     Pendidikan Prajabatan (Preservice Education) dan Pendidikan dalm Jabatan (Inservice Education) sebagai Sebuah Sistem.
7.     Pendidikan Formal, Non-Formal, dan Informal sebagai Sebuah Sisitem



BAB III
LANDASAN DAN ASAS-ASAS PENDIDIKAN SERTA PENERAPANNYA

A.   Landasan Pendidikan
1.     Landasan Fisioligis
“Merupakan landasan yang sangat erat kaiannya dengan makna atau hakikat pendidikan, yang berusaha menelaah masalah-masalah pokok.”
(konsep filosofis manusia dan dunianya)
·        Religi dan etika yang bertumpuh pada keyakinan
·        Ilmu pengetauan yang mengandalkan penalaran
2.     Landasan Sosiologis
“Merupakan analisis ilmiah tentang proses sosial dan pola-pola interaksi sosial didalam sisitem pendidikan.”
3.     Landasan Kultural
“Merupakan landasan ang menekankan pada nilai-nilai kebudayan lokal.”
Kebudayaan dalam arti luas dapat berwujud:
·        Ideal seperti ide, gagasan, nilai, dsb.
·        Kelakuan Berpola dari manusia dalam masyarakat
·        Fisik yakni benda hasil dari karya manusia
4.     Landasan Psikologis
“Merupakan landasan yang melibatkan aspek kejiwaan manusia khususnya pada pemahaman dan dan perkembangan proses belajar.”
5.     Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologis

B.    Asas-Asas Pokok pendidikan
1.     Asas Tut Wuri Handayani
2.     Asas Belajar Sepanjang Hayat
3.     Asas Kemandirian Belajar




BAB IV
PERKIRAAN DAN ANTISIPASI TERHADAP MASYARKAT MASA DEPAN
A.   Perkiraan Masyarakat Masa Depan
1.     Kecenderungan Globalisasi
2.     Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologis
3.     Perkembangan Arus Komunikasi yang Semakin Padat dan Cepat
4.     Peningkatan Layanan Profesional
B.   Upaya Pendidikan dalam Mengentisispasi Masa Depan
1.     Tuntutan Bagi Manusia Masa Depan (Manusia Modern)
2.     Upaya Mengantisipasi Masa Depan
a.     Perubahan Nilai Sikap
b.     Pengembangan kebudayaan
c.      Pengembangan Sarana Pendidikan



 
BAB V
PENGERTIAN, FUNGSI, DAN JENIS LINGKUNGAN PENDIDIKAN
A.   Pengertian dan Fungsi Lingkungan Pendidikan
Penegertian ?
Secara umum, lingkungan pendidikan adalah suatu wadah maupun situasi yang mendukung seseorang untuk mendapatkan ilmu.
Fungsi ?
Membantu peserta didik dalam berinteraksi denga berbagai lingkungan sekitarya secara optimal.
B.   Tripusat Pendidikan
1.     Keluarga
2.     Sekolah
3.     Masyarakat
C.   Pengaruh Timbal Balik antar Tripusat Pendidikan terhadap Perkembangan Peserta Didik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar