BAB 1
HAKIKAT MANUSIA DAN
PENGEMBANGANNYA
A. Sifat
Hakikat Manusia
1. Penegertian
Sifat Hakikat Manusia
2. Wujud
Hakikat Sifat Manusia
a. Kemampuan
Menyadari Diri
b. Kemampuan
Bereksistensi
c. Pemilikan
Kata Hati
d. Moral
e. Kemampuan
Bertanggung jawab
f. Rasa
Kebebasan (Kemerdekaan)
g. Kesediaan
Melaksanakan Kewajiban dan Menyadari Hak
h. Kemampuan
Menghayati Kebehagiaan
1. Dimensi
Keindividuan
2. Dimensi
Kesosialan
3. Dimensi
Kesusilaan
4. Dimensi
Keberagaman
C. Penegembangan
Dimensi Hakikat Manusia
1. Pengembangan
yang Utuh
(pengembangan
yang utuh dapat dipandang dari 2 segi)
a. Dari
Wujud Dimensinya
b. Dari
Arah Pengembangan
2. Pengembangan
yang Tidak Utuh
D. Sosok
Manusia Indonesia Seutuhnya
BAB II
PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR
PENDIDIKAN
A. Pengertian
Pendidikan
1. Batasan
Tentang Pendidikan
a. Pendidikan
sebagai Proses Transformasi Budaya
“Sebagai
proses transformasi budaya, pendidikan diartikan sebagai kegiatan pewarisan
budaya dari satu generasi ke generasi yang lain.”
b. Pendidikan
sebagai Proses Pembentukan Pribadi
“Sebagai
proses pembentukan pribadi, pendidikam diartikan sebagai suatu kegiatan yang
sistematis dan sistemik terarah kepada terbentuknya kepribadian peserta didik.”
c. Pendidikan
sebagai Proses Penyiapan Warga Negara
“Pendidikan
sebagai penyiapan warga negara diartikan sebagai suatu kegiatan yang terencana
untuk membekali peserta didik agar menjadi warga negara yang baik.”
d. Pendidikan
sebagai Penyiapan Tenaga Kerja
“Pendidikan
sebagai penyiapan tenaga kerja diartikan sebagai kegiatan membimbing pesrta
didik sehingga memiliki bekal dasar untuk bekerja.”
2. Tujuan
dan Proses Pendidikan
a. Tujuan
Pendidikan
·
Tujuan Umum
·
Tujuan Institusional
·
Tujuan Kurikuler
·
Tujuan Instruksional
b. Proses
Pendidikan
Proses
pendidika merupakan kegiatan memobilisasi segenap komponen pendidikan oleh
pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan
3. Konsep
Pendidikan Sepanjang Hayat (PSH)
4. Kemandirian
dalam Belajar
B. Unsur-Unsur
Pendidikan
1. Subjek
yang dibimbing (pesrta didik)
2. Orang
yang membimbing (pendidik)
3. Interaksi
antara pesrta didik dengan pendidik (interaksi edukarif)
4. Kearah
mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan)
5. Pengaruh
yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan)
C. Pendidikan
sebagai Sistem
1. Pengertian
Sistem
2. Komponen
dan Saling Hubungan antara Komponen dalam Sistem Pendidikan
3. Hubungan
Sistem Pendidikan dengan Sistem lain dan Perubahan Kedudukan dari Sistem
4. Pemecahan
Masalah Pendidikan Secara Sistematik
5. Keterkaitan
Antara Pengajaran dan Pendidikan
6. Pendidikan
Prajabatan (Preservice Education) dan Pendidikan dalm Jabatan (Inservice
Education) sebagai Sebuah Sistem.
7. Pendidikan
Formal, Non-Formal, dan Informal sebagai Sebuah Sisitem
BAB
III
LANDASAN
DAN ASAS-ASAS PENDIDIKAN SERTA PENERAPANNYA
A. Landasan
Pendidikan
1. Landasan
Fisioligis
“Merupakan
landasan yang sangat erat kaiannya dengan makna atau hakikat pendidikan, yang
berusaha menelaah masalah-masalah pokok.”
(konsep
filosofis manusia dan dunianya)
·
Religi dan etika yang bertumpuh pada
keyakinan
·
Ilmu pengetauan yang mengandalkan
penalaran
2. Landasan
Sosiologis
“Merupakan
analisis ilmiah tentang proses sosial dan pola-pola interaksi sosial didalam
sisitem pendidikan.”
3. Landasan
Kultural
“Merupakan
landasan ang menekankan pada nilai-nilai kebudayan lokal.”
Kebudayaan
dalam arti luas dapat berwujud:
·
Ideal seperti ide, gagasan, nilai, dsb.
·
Kelakuan Berpola dari manusia dalam
masyarakat
·
Fisik yakni benda hasil dari karya
manusia
4. Landasan
Psikologis
“Merupakan
landasan yang melibatkan aspek kejiwaan manusia khususnya pada pemahaman dan
dan perkembangan proses belajar.”
5. Landasan
Ilmu Pengetahuan dan Teknologis
B. Asas-Asas
Pokok pendidikan
1. Asas
Tut Wuri Handayani
2. Asas
Belajar Sepanjang Hayat
3. Asas
Kemandirian Belajar
BAB IV
PERKIRAAN DAN
ANTISIPASI TERHADAP MASYARKAT MASA DEPAN
A. Perkiraan
Masyarakat Masa Depan
1. Kecenderungan
Globalisasi
2. Perkembangan
Ilmu Pengetahuan dan Teknologis
3. Perkembangan
Arus Komunikasi yang Semakin Padat dan Cepat
4. Peningkatan
Layanan Profesional
B. Upaya
Pendidikan dalam Mengentisispasi Masa Depan
1. Tuntutan
Bagi Manusia Masa Depan (Manusia Modern)
2. Upaya
Mengantisipasi Masa Depan
a. Perubahan
Nilai Sikap
b. Pengembangan
kebudayaan
c. Pengembangan
Sarana Pendidikan
BAB V
PENGERTIAN, FUNGSI, DAN
JENIS LINGKUNGAN PENDIDIKAN
A. Pengertian
dan Fungsi Lingkungan Pendidikan
Penegertian ?
Secara
umum, lingkungan pendidikan adalah suatu wadah maupun situasi yang mendukung
seseorang untuk mendapatkan ilmu.
Fungsi ?
Membantu
peserta didik dalam berinteraksi denga berbagai lingkungan sekitarya secara optimal.
B. Tripusat
Pendidikan
1. Keluarga
2. Sekolah
3. Masyarakat
C. Pengaruh
Timbal Balik antar Tripusat Pendidikan terhadap Perkembangan Peserta Didik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar